Iman yang menyembuhkan

August 9, 2014 by: admin

Siapakah manusia yang ingin sakit? Sakit bukanlah hukuman dari Tuhan tapi sakit adalah peristiwa yang harus dialami oleh setiap orang dengan tujuan membangun iman seseorang bertumbuh semakin serupa dengan Yesus.

Ada berbagai macam sebab munculnya sakit itu:

1. dari diri sendiri. Karena tidak bisa menjaga diri sendiri dengan baik. Misalnya: tidur larut malam, kurang makan dan minum, banyak minuman yang memabokkan, dan lainnya.

2. dari Iblis. Sebagai contoh: Ayub dicobai Iblis penyakit barah busuk yang gatalnya luar biasa harus digaruk dengan kepingan beling.

3. ada juga yang atas sepengetahuan Tuhan dengan tujuan untuk menyatakan kemuliaan Tuhan/ rencana Tuhan lewat sakitnya.

Saat ini penulis akan menjelaskan tentang iman yang menyembuhkan dari berbagai macam orang sakit dalam Alkitab.

1. Dalam Matius 8:5-13 tentang Yesus menyembuhkan hamba seorang perwira di Kapernaum. Siapakah perwira Kapernaum? dia adalah seorang pemimpin yang luar biasa. Mengapa?

* karena dia sangat rendah hati. Ditunjukkan dalam ayat 8 ” ….aku tidak layak menerima tuan dalam rumahku..” ini adalah kerendahan hati seorang pemimpin.

* sangat percaya bahwa perkataan Yesus dapat mengandung kuasa atau mujizat. ini ditunjukkan dalam ayat 8b “….katakan saja sepatah kata, maka hambaku sembuh. Sungguh iman yang luar biasa. Yesus tidak datang ke rumahnya tapi ia percaya bahwa dengan 1 patah kata Yesus hambanya sembuh ( dan kesembuhan itu terjadi).

2.  Dalam Matius 9:27-31 dimana ada dua orang buta yang berteriak-teriak mohon disembuhkan. Yesus bertanya,” Percayakah kamu bahwa Aku dapat melakukannya?” Mereka menjawab,” Ya Tuhan, kami percaya.” dan akhirnya mata mereka kembali melihat karena kepercayaan mereka.

3.  Dalam Matius 15: 21-28 dalam kisah seorang perempuan Kanaan yang percaya. Perempuan ini adalah seorang non Yahudi dan oleh orang Yahudi dianggap kafir. Waktu itu perempuan Kanaan ini datang meminta Yesus untuk menyembuhkan anaknya yang kerasukan setan. Saat ini, Yesus menguji iman perempuan Kanaan katanya, ” …Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Tapi perempuan ini tidak menyerah dan bahkan dikatakan,” anjing” memang terdengar agak kasar akan tetapi perempuan itu dengan rendah hati mengakui dirinya tidak layak ” anjing itu makan remah-remah dari meja tuannya.” Perempuan Kanaan itu sangat besar imannya walau dia diejek, direndahkan, tapi tetap percaya bahwa Yesus sanggup menyembuhkan anaknya dan akhirnya anaknya sembuh.

4. Dalam Markus 5:25-34 tentang seorang perempuan yang 12 tahun pendarahan. Pasti dia sudah kehabisan biaya untuk berobat dan pergi ke tabib manapun tidak dapat sembuh. Bukan saja secara fisik dia letih, tetapi secara mental dia sudah bosan tapi dia percaya dia akan sembuh. Saat itu, dia belum mengenal siapa Yesus tapi pernah mendengar kabar tentang Yesus. Dia berpikir,” Asal kujamah saja jubahnya aku akan sembuh. Lalu dengan imannya, ia mengikuti Yesus dari belakang dan menjamah jubahNya. Saat itu Yesus merasa ada kuasa yang mengalir dari diriNya dan perempuan itu dengan gentar mengakui bahwa ia yang menjamah jubah Yesus karena ia percaya asal dia jamah saja jubah Yesus, dia sembuh dan kesembuhan terjadi. Pendarahannya berhenti.

Kita sudah melihat iman dari orang-orang yang sakit itu. Mereka sama seperti kita manusia biasa yang punya kekurangan dan kelebihan. Mereka bisa mendapatkan mujizat itu karena mereka beriman dan yakin bahwa mereka dapat sembuh dan itu terjadi.

Saat ini apa penyakit kita? Berat/ ringan? Kita dapat memperoleh kesembuhan itu asalkan kita beriman bahwa kita akan sembuh. ( Walaupun tidak semua orang memperoleh kesembuhan karena ada rencana Tuhan yang lain dan mulia disampaikan lewat penyakit/ kesulitan yang kita alami).

Jangan menyerah ! Tetap percaya bahwa iman dapat menyelesaikan masalah kita termasuk sakit penyakit kita / kesulitan yang lain. Tuhan Yesus memberkati. Amin!

Dibaca sebanyak :132

PDF Version

khotbah tentang iman yang menyembuhkan,khotbah tentang perempuan yg sembuh,renungan markus 5:25-34,renungan matius 15:21-28,renungan rohani markus 9:27-31 ya tuhan kami percaya,yesus menyembuhkan hamba seorang perwira di kapernaum

Leave a Reply